AP Guard Coat

Teknologi Perlindungan Aluminium

Citation
PDF, XML
Author

Mengapa Kusen Aluminium Cepat Kusam?

Jika diperhatikan meskipun belum 2 tahun kusen aluminium yang Anda gunakan sudah tampak kusam dan untuk memperbaikinya sulit serta perlu penanganan khusus. Mangapa hal tersebut terjadi? Biasanya penyebab utama adalah rendahnya mutu lapisan pelindung yang digunakan. Tidak tahan terhadap mortar atau larutan air semen pada saat konstruksi atau tidak tahan terhadap kondisi lingkungan (UV – Sinar Ultra Violet, Hujan Asam, Pengaruh uap air laut – Coastal Environment) dan cairan pembersih pada saat digunakan.

AP Guard Coat

Melalui penelitian dan pengembangan terus menerus, YKK AP Japan berhasil mengembangkan lapisan pelindung khusus yang disebut AP Guard Coat. AP Guard Coat memenuhi standar internasional dalam hal ketahanan terhadap Korosi, Mortar atau air semen, Hujan Asam, Coastal Environment, Cairan Pembersih, dll. Selain itu memiliki permukaan lebih halus & lebih awet.

AP Guard Coat tersedia dalam 3 warna.

Perlindungan pada Saat Konstruksi

    Mortar atau Larutan Air Semen
    Mortar atau Larutan Air Semen adalah larutan basa (alkali) yang sangat korosif dan umum digunakan di proyek konstruksi. Lapisan pelindung seperti anodize umumnya bereaksi terhadap mortar atau larutan air semen. Pori-pori lapisan yang tidak tertutup sempurna sangat rentan terhadap larutan alkali dan menimbulkan kerusakan serius.

Mortar Resistance Test

(Kiri: Anodized Aluminium with a Conventional Seal, Kanan: AP GUARD COAT)

    Muriatic Acid
    Muriatic Acid adalah sejenis larutan asam (acid) korosif yang digunakan sebagai pembersih. Pori-pori lapisan yang tidak tertutup sempurna sangat rentan terhadap larutan asam dan menimbulkan kerusakan serius.

Muriatic Acid Resistance Test

(Kiri: Anodized Aluminium with a Conventional Seal), Kanan: AP GUARD COAT)

Perlindungan terhadap Kondisi Lingkungan

    Coastal Environment atau Pengaruh Uap Air Laut
    Kandungan garam yang tinggi pada lingkungan dekat laut sangat korosif terhadap lapisan pelindung seperti anodize. Pori-pori lapisan yg tidak tertutup sempurna sangat rentan terhadap larutan garam dan menimbulkan kerusakan serius. Untuk menjamin tidak terjadi masalah, lapisan pelindung harus mampu menghadapai Salt Spray Test selama 4000 jam.

Salt Spray Test

(Kiri: Anodized Aluminium with a Conventional Seal, Kanan: AP GUARD COAT)

    Hujan Asam
    Hujan Asam terjadi ketika Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen Oksida (NOx) bereaksi dengan air, oksigen, dan bahan kimia lainnya di atmosfer dan membentuk larutan asam. Hasilnya adalah larutan asam sulfat dan asam nitrat yang sangat korosif dan menimbulkan kerusakan serius pada lapisan pelindung.

Nitric Acid Resistance Test

(Kiri: Anodized Aluminium with a Conventional Seal, Kanan: AP GUARD COAT)

Leave a Comment